Senin, 25 April 2011

batu ginjal

Penyakit batu ginjal adalah keadaan dimana terdapat satu atau lebih batu pada ginjal atau kandung kemih. Penyakit ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “Neprolithiasis”.

Penyakit ini disebabkan karena beberapa alasan. Beberapa diantaranya adalah karena kurangnya minum air, makanan, banyak mengkonsumsi vitamin C dan D, serta faktor genetik. Bakteri juga menjadi penyebab munculnya batu pada ginjal. Ini terjadi apabila ginjal terinfeksi bakteri pemecah urea pada urin.

Gejala yang timbul dari penyakit ini ditandai dengan adanya rasa nyeri pada perut bagian bawah. Selain itu sakit pada pinggang juga merupakan gejala salah satu gejalanya. Berdasarkan pengalaman seseorang, dia mengetahui bahwa memiliki penyakit ini setelah timbul rasa sakit pada perut bagian bawah (karena batu terletak pada ginjal sebelah kanan) setelah dia berlari-lari. Tapi sebelumnya orang ini memang jarang minum air. Setelah melakukan pemeriksaan kepada dokter, diketahui bahwa orang ini memiliki penyakit batu ginjal. Tapi apabila anda mengalami sakit pada perut bawah, anda tidak harus langsung memvonis bahwa sakit anda disebabkan karena adanya batu pada ginjal. Bisa saja ada penyakit lain. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mengetahui lebih jelasnya.

Batu pada ginjal ini jika terlalu banyak dan dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal. Karena ginjal sudah rusak dan tidak mampu melakukan tugasnya lagi di dalam tubuh. Namu, jika ukuran batu masih sangat kecil (diameter kurang dari 1 cm) bias diatasi dengan banyak minum air putih (6-8 gelas perhari) dan minum air rebusan dari daun kumis kucing. Bila pengobatan itu rutin, maka batu akan keluar bersama dengan urin. Orang yang memiliki batu ginjal tidak boleh menahan kencingnya, justru harus sering dikeluarkan dengan banyak minum air.

Tapi, jika ukuran batu ginjal sudah agak besar, perlu dilakukan tindakan medis untuk menyingkirkannnya. Dengan melalui pembedahan (operasi) maupun dengan metode terbaru saat ini, yaitu dengan gelombang kejut atau ultrasonic.

Jadi, sebelum batu tersebut ada pada ginjal anda, sebaiknya anda banyak minum air putih. Air sangat berguna baggi tubuh kita. Karena air merupakan komposisi terbanyak dalam tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar